Ragam Psikoterapi yang Paling Sering Dimanfaatkan oleh Psikolog

Ragam Psikoterapi yang Paling Sering Dimanfaatkan oleh Psikolog

Ragam Psikoterapi yang Paling Sering Dimanfaatkan oleh Psikolog – Pernahkah Anda mendengar mengenai ilmu psikoterapis? Psikoterapis merupakan ilmu yang dimanfaatkan dalam mengatasi masalah psikologis. Dalam mengatasi masalah tersebut, seorang psikolog akan menggunakan sebuah teknik psikologis dan verbal. Dalam menangani masalah tersebut, psikolog telah mendapatkan pelatihan yang cukup sehingga mampu mengatasi beragam jenis masalah yang berkaitan dengan masalah psikologi. Psikolog akan menilai dan memahami bagaimana proses berpikir para pasiennya. Selama melakukan analisis, psikolog akan mencoba untuk mengubah perilaku mereka melalui terapi khusus yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh pasien. Dari sekian banyak jenis terapi, ada beberapa jenis terapi yang paling sering dimanfaatkan oleh psikolog. Untuk mengenal lebih jauh akan jenis terapi tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Jungianstudies – Terapi psikoanalisa merupakan salah satu jenis terapi yang sering dimanfaatkan oleh seorang psikolog dalam menangani masalah para pasiennya. Terapi tersebut dilakukan beradasarkan dengan teori psikoanalisa. Dalam menerapkan terapinya, psikolog akan fokus pada masa lalu yang dialami oleh pasien. Masa lalu pasien tersebut merupakan cikal bakal dari masalah yang sedang dialami oleh pasien saat ini. Dalam melakukan terapi ini, baik psikolog dan pasien membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya, terapi dilakukan selama satu tahun. Waktu lama melakukan terapi bertujuan untuk mengetahui lebih jelas akan alasan munculnya masalah yang dihadapi oleh pasien. Tidak hanya terapi psikoanalisa, di bawah ini merupakan jens terapi lainnya yang paling banyak digunakan oleh psikolog ketika mengatasi masalah pasiennya:

a. Terapi humanistik
Dilihat dari namanya, terapi humanistik fokus kepada aspek manusiawi. Terapi humanistik dilakukan untuk mengoptimalkan potensi diri yang dimiliki oleh pasien sehingga ia dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

b. Terapi perilaku
Psikolog yang menggunakan terapi perilaku memiliki tujuan untuk mengubah perilaku dan cara berpikir dan perilaku pasien. Perilaku yang diubah merupakan kebiasaan yang salah dan tidak akan melahirkan manfaat ketika dilakukan. Dalam melakukan terapi, psikolog dapat melakukan beberapa cara dan bentuk yang berbeda. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengubah konsekuensi atau penyebab dari perilaku yang dilakukan oleh pasien.

Terapi kognitif

c. Terapi kognitif
Jenis terapi lainnya yang sering digunakan oleh psikolog dalam mengatasi pemasalahan pasien adalah terapi kognitif. Terapi berpusat pada bagaimana cara dan proses berpikir seseorang. Perlu diketahui dengan baik, pikiran memberikan pengaruh yang amat besar bagi tingkah laku seseorang. Pola pikir yang salah akan diluruskan ole psikolog dengan memanfaatkan terapi kognitif.

d. Cognitive behavioral therapy
Terapi ini merupakan gabungan dari terapi perilaku dan terapi kognitif. Dalam melakukan terapi, psikolog akan mengubah perasaan dan pikiran pasien yang dapat memberikan pengaruh terhadap perilakunya. Terapi ini dinilai sangat tepat digunakan untuk mengatasi masalah psikologi yang dialami oleh pasien.

Baca juga : Metode Terapi Tidak Biasa yang Ada Pada Ilmu Psikoterapis

Untuk masalah yang dihadapi oleh pasangan, terapi pasangan menjadi jenis terapi yang diterapkan oleh psikolog. Terapi ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar terhadap masalah yang dialami oleh pasangan. Terapi ini dikhususkan bagi mereka yang berada pada sebuah hubungan. Psikolog akan memberikan terapi khusus sehingga hubungan dinamis pasangan dapat terjalin kembali. Ada pula teapi yang berkaitan dengan lingkungan dan individu. Terapi tersebut dikenal dengan nama terapi interpersonal dinamis. Dalam terapi ini, psikolog akan menanam kepercayaan bahwa hubungan sosial yang baik mampu mengatasi gejala psikologis yang dihadapi oleh pasien. Perilaku yang baik akan terwujud melalui terapi ini.

Related Posts