Metode Terapi Tidak Biasa yang Ada Pada Ilmu Psikoterapis

Metode Terapi Tidak Biasa yang Ada Pada Ilmu Psikoterapis

Metode Terapi Tidak Biasa yang Ada Pada Ilmu Psikoterapis – Masalah psikologi dapat diatasi dengan melakukan terapi. Ketika melakukan terapi, kita perlu berhubungan dengan orang yang berpengalaman di bidangnya. Psikolog merupakan sosok terapis yang mampu menangani masalah psikolog dengan baik. Psikolog akan menerapkan ilmu psikoterapis atau metode terapi yang sesuai berdasarkan dengan permasalahan yang sedang dialami oleh pasiennya. Guna mendapatkan hasil yang diharapkan, psikolog biasanya akan melakukan riset terhadap permasalahan yang ada. Melalui riset yang dilakukan, psikolog dapat menerapkan metode terapi yang tepat. Terapi yang dilakukan oleh psikolog tidak hanya dilakukan untuk individu saja melainkan juga pada pasangan dan kelompok. Terapi pasangan, terapi kognitif dan terapi tingkah laku merupakan beberapa jenis terapi yang digunakan oleh psikolog dalam mengatasi masalah pasien.

jungianstudies – Jika kita mempelajari ilmu psikoterapis, ada beberapa metode terapi yang sedikit berbeda dengan jenis terapi lainnya. Metode terapi yang tidak biasa tersebut terbilang unik karena melibatkan hal-hal yang tak biasa. Terapi gestalt merupakan salah satu jenis terapi tidak biasa yang hadir pada ilmu psikoterapis. Terapi tersebut pertama kali dikembangkan oleh sekolah Gestalt pada tahun 1940-an. Fritz Peris merupakan sosok pertama yang mengenalkan terapi Gestalt. Menurut terapi ini, individu merupakan satu keseluruhan yang terdiri dari tubuh, jiwa dan pikiran.. Ketiga bagian tubuh tersebut dinilai sangat baik dalam mengetahui permasalahan yang dialami oleh pasien. Dalam terapi ini terdapat prinsip yang mendasari teori gestalt, seperti rasa hormat, hubungan, tanggung jawab sosial, eksperimen kreatif, kesadaran individu dan menekan pada pengalaman. Ada pula terapi tak biasa lainnya yang ada pada ilmu psikoterapis, seperti:

a. Dancing terapy
Dancing terapy merupakan jenis terapi yang sangat tepat bagi pasien yang tidak dapat secara gamblang menjelaskan akan pemikiran dan masalah mereka secara verbal. Terapi ini juga banyak digunakan oleh pasien yang merasa tidak nyaman dalam proses mengungkapkan isi hatinya. Dancing terapy sendiri tidak melibatkan terapi verbal sama sekali. Prinsip yang ada pada terapi ini bahwa gerakan menari mampu menggambarkan perasaan dan pola pikir seseorang. Dancing terapy juga dapat mengatasi masalah seperti:

1. Seseorang yang menilai bahwa dirinya memiliki image yang buruk
2. Seseorang yang merasa terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari
3. Seseorang yang sulit melakukan kontak secara fisik
4. Seseoang yang trauma akibat kekerasan dan penyiksaan

Art terapy

b. Art terapy
Seni tidak hanya dapat kita nikmati tetapi dapat pula dijadikan sebuah metode dalam melakukan terapi. Dengan metode ini, pasien dalam menggambarkan emosi dan pikirannya dengan cara yang tak biasa. Art terapy memanfaatkan seni sebagai wadah berkomunikasi berdasarkan dengan perasaannya. Melalui terapi ini, pasien dapat terhubung dengan lingkungan yang berada di sekelilingnya. Art terapy dapat digunakan ketika berhadapan dengan pasien yang mengalami masalah:

– Gangguan mental
– Anak yang memiliki kesulitan dalam belajar
– Pasien dimensia
– Anak autis
– Menderita penyakit kronis
– Pasien yang tidak mudah untuk mengungkapkan perasaannya

Baca juga : Jenis-Jenis Terapi pada Ilmu Psikoterapis

Music terapy menjadi jenis terapi tak biasa lainnya yang ada pada ilmu psikoterapis. Musik dianggap sebagai hal yang memiliki kemampuan dalam menggerakkan perasaan emosional manusia. Dalam melakukan terapi, psikolog akan menggunakan beberapa komponen musik dengan tujuan mencari tahu bagaimana perasaan pasien yang sedang ia rasakan. Ada pula terapi bermain yang sangat tepat digunakan untuk mengatasi masalah yang dialami anak-anak. Terapi ini dapat memberikan kemudahan bagi anak untuk melakukan komunikasi dan mengenal perasaannya dengan baik.

Related Posts