Macam – Macam Psikoterapi Dalam Kehidupan Nyata

Macam – Macam Psikoterapi Dalam Kehidupan Nyata

Macam – Macam Psikoterapi Dalam Kehidupan Nyata – Semua orang pasti pernah dan akan selalu mengalami masalah semasa hidupnya. Terkadang mereka yang ahli mengatasi masalah sempat mendapatkan masalah yang bertubi – tubi. Ironisnya, mereka seakan – akan tidak memiliki cara untuk meraih jalan keluar. Teknik dan metode psikoterapi sangat cocok dilakukan untuk mengatasi gangguan kepribadian dan kejiwaan hingga mentalitas demi menemukan kesejahteraan dalam hidup. Maka dari itu telah muncul macam – macam psikoterapi di dalam kehidupan nyata yang dapat dilakukan secara berkala dengan menemui psikolog atau tanpa melibatkan orang lain.

1. Terapi Perilaku Kognitif
Jungianstudies – Psikoterapi yang paling utama dilakukan adalah terapi perilaku kognitif. Ini merupakan kegiatan untuk mengevaluasi tingkah laku, emosional, daya pikir dan konsentrasi yang kerap menjadi biang masalah di dalam kehidupan sehari – hari. Nantinya peran psikolog atau dokter akan mengarahkan para pasien untuk menanggapi berbagai jenis masalah dengan solusi yang absolut. Suatu contoh ketika pasien yang awalnya mengalami depresi yang berlebihan. Maka dengan adanya psikoterapi semacam ini, mereka bisa berpikir lebih tenang untuk menghindarkan diri dari segala macam masalah. Sehingga perasaan buruk yang mereka alami tidak akan terulang kembali.

2. Terapi Psikodinamik dan Psikoanalitik
Terapi psikodinamik dan psikoanalitik lebih membawa ke arah yang lebih jauh dari yang dialami para pasien. Nantinya mereka akan terbawa ke alam bawah sadar untuk mencerna rentetan kejadian yang pernah dilakukannya. Tujuannya agar mereka mengulas semua masalah kejiwaan yang bisa merusak kepribadian di masa depan.
Terapi yang kedua ini hanya terjadi pada beberapa pasien saja. Suatu misal mereka yang selalu memendam masalah tanpa harus diungkapkan kepada siapapun. Adanya psikoterapi ini bisa meringankan beban hidup mereka untuk keluar dari masalah pribadi.

Macam – Macam Psikoterapi Dalam Kehidupan Nyata

3. Terapi Interpersonal
Terapi interpersonal merupakan psikoterapi yang akan mengarahkan dan menuntun setiap pasien untuk meningkatkan hubungan baik dengan orang lain. Dalam hal ini, mereka akan diarahkan untuk mempererat tali persaudaraan dengan rekan kerja, teman sejawat, sahabat karib, sanak saudara hingga keluarga.
Tentunya menjalankan kehidupan sosial tidak begitu mudah. Yang pasti beragam masalah akan selalu muncul. Darilah itu terapi kali ini sangat cocok bagi mereka untuk meminimalisir terjadinya konflik antar sesama untuk mendapatkan hubungan yang paling harmonis.

4. Terapi Keluarga
Terapi keluarga sangat tidak perlu melibatkan psikolog bahkan mungkin dokter sekalipun. Namun masalah yang terjadi di dalam keluarga merupakan tanggung jawab masing – masing pasien. Karena sejatinya, permasalahan dalam keluarga terbilang rumit dari pada berhubungan dengan rekan, saudara atau orang lain yang baru saja dikenal. Seluruh anggota keluarga pasti paham tentang segala hal yang dilakukan setiap hari. Para pasien hanya perlu menitikberatkan akar masalah yang ada untuk menemukan solusi yang tepat. Karena nantinya nilai – nilai keharmonisan dalam keluarga akan muncul apabila mereka mampu mengatasi masalah tersebut tanpa melibatkan pihak ketiga.

Baca juga : Gambaran Umum Tentang Ilmu Psikoterapi

5. Hipnoterapi
Dan psikoterapi yang paling akhir adalah hipnoterapi. Teknik yang satu ini sangat tepat untuk memberikan jalan keluar terhadap masing – masing pasien agar mampu mengendalikan amarah, perilaku, pola pikir dan emosi. Nantinya mereka akan menemukan arah terbaik pada setiap masalah yang dilaluinya. Metode psikoterapi ini sangat sering diterapkan untuk mengurangi depresi, stres yang berlebihan, rasa sesal, pikiran kacau hingga kebiasaan buruk lainnya. Namun biasanya terapi semacam ini memerlukan obat penenang di bawah anjuran dokter. Tujuannya agar para pasien bisa mengembalikan rasa percaya diri untuk menjalankan kehidupan nyata.

Related Posts